Di Batu Caves ada Patung Dewa Murugan Terbesar di Dunia

Akhirnya kesampean juga menjejakkan kaki di Batu Caves, kalau dulu suka ileran lihat foto selfie kawan2 yang duluan nyampe kesana. Batu Caves memang menjadi destinasi wisata Malaysia yang cukup terkenal dan paling dicari penghobi jalan-jalan.

Gerbang Batu Caves




Selama di Malaysia, aku nginap di tempatnya Mami Rita di  Sri Saujaya Kondo Sentul. Dari sana ke Batu Caves cuman butuh waktu 30 menitan naik taxi dan tidak pake macet.  Batu Caves sendiri lokasinya di Distrik Gombak, 13 kilometer utara Kuala Lumpur, Malaysia. Untuk mencapai kuil hindu ini, kita harus menaiki 272 anak tangga. 




Namun sebelum itu, perhatian kita akan langsung tertuju pada patung dewa gagah setinggi 42,7 meter di sisi kanan tangga. Patung ini didedikasikan untuk dewa Murugan. Murugan adalah dewa perang, digambarkan sebagai dewa berparas muda, mengendarai burung merak dan bersenjata tombak. Putra Dewa Siwa dan saudara dari Ganesha ini juga dikenal dengan nama Kartikeya atau Sri Subramaniam. Konon pembangunan patung Murugan ini mengabiskan biaya sekitar 24 juta Rupee, terbuat dari 1550 meter kubik beton, 250 ton baja bar dan 300 liter cat emas yang didatangkan dari Thailand.Dan diselesaikan dalam kurun waktu 3 tahun.
Latar Patung Murugan dengan 272 anak tangganya sangat indah dan menakjubkan, sehingga menjadi tempat favorit berfoto setiap pengunjung. Apalagi dibagian depan terdapat areal cukup luas dengan ratusan burung merpati. Sementara itu, bagian sisi kanan terdapat beberapa artshop dengan jajaran tempat makan, dan di sisi kiri terdapat kuil persembahyangan. Mami Rita ngajak kami sembahyang dulu dibawah, sebelum menapaki anak tangga.Setelah melewati anak tangga, kita akan dibuat kagum dengan komplek Batu Caves dengan tiga gua utama dan beberapa yang lebih kecil. Yang terbesar, disebut Gua Cathedral atau Gua Kuil, memiliki tinggi 100 m dan langit-langit berukir fitur kuil Hindu. Ornamen gua yang penuh dengan patung-patung Hindu dan lukisan mengisahkan kemenangan Dewa Murugan. Sementara, Gua Ramayana terletak di sebelah kiri, ada patung Hanoman setinggi 15 m. Gua Ramayana menggambarkan cerita Rama secara kronik sepanjang dinding gua. Sejak 1892, di Batu Caves Sri Subramaniam Temple telah diselenggarakan festival Thaipusam,dan secara rutin dilaksanakan pada setiap  akhir Januari atau awal Februari.  
272 anak tangga menuju kuil

Areal depan Batu Caves
anak tangga menuju kuil
view dari atas
Add caption
Patung Dewa Murugan di atas
tangga di dalam gua
Setelah dari Batu Caves, jalan-jalannya dilanjutkan ke Klang Selangor.....

Related

Langlang Buana 2584890086168561104

Posting Komentar

emo-but-icon

Video

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Quotes

"Niat yang kuat akan mendekatkan ke pencapaian "

Ganesh

GANESH

GANESH
item