Mulai Pikirkan Kebiasaan Tidur Anda

Tidur, mungkin investasi terbaik untuk hidup kita. Kisah Ranjan Das akan membuat kita berpikir ulang tentang kebiasaan tidur kita.

 
Kisah Muda Ranjan Das
Ranjan Das adalah pebisnis yang sangat sukses di India. Dia adalah the CEO of SAP Indian subcontinent. Ia memulai karirnya di usia yang sangat muda dan menapaki karir yang sangat cepat. Oleh karena itu, ia dianggap salah satu pengusaha muda yang terbaik tidak hanya di India tapi juga berprestasi dalam skala global. Namun dia meninggal beberapa bulan yang lalu pada usia 42.

Ranjan Das bukanlah orang yang malas atau lesu. Untuk saat ini, mari kita tinggalkan capaian bisnis dan melihat gaya hidupnya. Dia adalah orang yang sangat sehat, yang selalu merawat tubuhnya. Dia juga suka olahraga dan menjadi pengunjung tetap gym. Dia melakukan jadwal latihan sendiri di gym dengan arahan pelatih. Fakta penting lainnya, Ranjan adalah seorang pelari maraton dan dia seorang penggemar lari maraton. Dia sering berlatih lari maraton di jalan-jalan Mumbai. Dia mewakili maraton Chennai terkenal setiap tahun.

Pada tanggal 21 Oktober setelah Dewali tahun lalu, ia pergi ke gym seperti biasa dan melakukan latihan rutinnya. Setelah kembali ke rumah, ia berteriak kesakitan memegang dadanya. Detik berikutnya dia jatuh dan tidak pernah bangkit setelahnya. Dia tewas dalam sekejap.

Ini seperti setetes embun di rumput di pagi hari, yang memudar segera setelah jatuh sinar matahari. Mengapa taipan bisnis yang terkenal di dunia profesional dan berjiwa muda ini meninggalkan dunia begitu cepat?

Mari kita cari tahu apa yang salah!

Semua orang terkejut mendengar kematiannya dan ingin tahu apa alasan kematiannya yang mendadak itu. Orang mempertanyakan bagaimana bisa, orang yang suka olahraga dan seorang pemuda sehat seperti Ranjan Das mati mendadak. Apakah maraton yang membunuhnya? Atau apakah itu over berolahraga atau latihan tidak menyebabkan kematiannya? Orang-orang datang dengan banyak teori dan asumsi tapi tak ada yang tahu apa alasan sebenarnya atas kematiannya.

Ketika hidupnya diteliti, jelas bahwa ia mengalami stres di tempat kerja. Stres tidak hanya dialami Ranjan Das, tetapi kta semua mengalaminya. Kita semua membawa stres setiap hari dalam hidup kita. Kita lebih sering melakukan pekerjaan rutin dalam keadaan stres. Meskipun Anda memiliki tubuh sehat serta mengelola kebiasaan makanan Anda, Anda jarang berpikir tentang bagaimana mengelola atau menghindari stres yang tidak perlu. Jika Anda tidak menjaga diri anda agar tidak banyak stres, maka merawat tubuh Anda dalam hal makanan dan nutrisi akan sia-sia.
Yang penting dan mengejutkan, para dokter telah menemukan Ranjan Das hanya tidur cuman 4 - 5 jam sehari secara teratur. Dia mengakuinya beberapa tahun yang lalu di acara TV dengan juga di NDTV.
Seorang ahli jantung terkenal di India menyelidiki penyebab kematian Ranjan Das dengan menganalisis kebiasaan hidupnya. Disimpulkan bahwa kematian mendadak, disebabkan karena ia tidak cukup tidur terus menerus untuk waktu yang lama.

Beberapa poin kunci tentang tidur menurut para ahli
:
 
Tidur kurang dari 5 -6 jam dapat menyebabkan tekanan darah tidak teratur. Tekanan darah tinggi atau lebih rendah.

Kelompok usia 25-49 tahun, mungkin menghadapi situasi tekanan darah tinggi parah, jika mereka tidur kurang dari 7 jam sehari.

Risiko serangan jantung bisa 3 kali lebih banyak untuk orang-orang yang tidur kurang dari 5 jam.

Sensitivitas tinggi C-Reactive Protein (hs-CRP) bisa tinggi jika anda kurang tidur. Bahkan jika Anda cukup tidur setelah tingkat hs-CRP tinggi, Anda tidak dapat menurunkan ke tingkat normal dengan mudah. hs-CRP adalah alat indikasi dini serangan jantung.

Bahkan kurang tidur untuk satu malam, bisa menimbulkan ketidakseimbangan kimia tubuh kita seperti tumor Necrosis Factor-Alpha (TNF-alpha) dan protein C-reaktif (CRP). Ini bisa bekerja sebagai racun dalam tubuh kita membantu sel-sel kanker untuk tumbuh dan meningkatkan risiko serangan jantung.

Tidur kurang dari 6 jam dapat meningkatkan risiko serangan jantung sebesar 18%

Tidur dapat dikategorikan ke dalam dua jenis, REM (Rapid Eye Movement) & non-REM. REM membantu otak dan pikiran saat perbaikan non-REM tubuh Anda. Anda mengalami keduanya ketika anda melakukan tidur panjang yang baik di malam hari.

Yang dialami pertama kali adalah kondisi tidur dengan istilah non-REM. Pada kondisi tidur itu, hormon hipofisis dikeluarkan untuk mempersiapkan dan memperbaiki tubuh. Setelah proses itu selesai, baru mengalami kondisi tidur yang diistilahkan REM yang membantu stabilitas mental kita.

Bagian akhir tidur (REM) membantu kita tetap fokus dan memiliki pikiran yang jernih selama siang hari. Ini membuat kita segar dan kurang stres. Karena anda telah memiliki cukup istirahat ke otak dan pikiran. Jika anda hanya memiliki tidur 5 jam, itu sangat jelas dapat menguras dengan cepat seperti baterai yang dibebankan. Kurang tidur membuat anda lelah lebih cepat dan anda merasa kurang energik. 

Jam tidur keseluruhan menentukan bagaimana anda di hari berikutnya. Jika Anda memiliki waktu tidur yang baik, maka anda akan segar sementara jika tidak cukup tidur, maka anda akan cepat capek dan tidak stabil.
Satu hal lagi yang sangat penting, adalah untuk tidur satu jam ekstra bagi pelari jarak jauh. Mereka membutuhkan lebih banyak tidur untuk proses pemulihan fisik dalam tidur, karena mereka membuang banyak energi dengan berlari jarak jauh. Inilah yang terjadi pada Ranjan Das.Dia sangat berhati-hati dengan makanan. Berolahraga adalah bagian rutin dari kehidupannya. Tubuhnya juga baik-baik saja. Tapi, dia lupa satu hal yang sangat penting yaitu tidur yang cukup. Dengan hanya tidur 4-5 jam setiap hari. Itu meningkat stres nya dan meningkatkan risiko serangan jantung.
Apa yang terjadi dengan Ranjan Das bisa terjadi pada siapa saja setiap saat. Anda mungkin juga bekerja seperti Ranjan Das dan memiliki banyak tugas. Bertanggung jawab untuk pekerjaan di kantor, bisnis, dan  keluarga anda. Ranjan Das mengingatkan kita sekali lagi, tidur setidaknya 7 jam sehari. Cari cara untuk tidur yang baik. Ini akan selalu menjadi investasi besar untuk hidup Anda yang membuat Anda dan keluarga Anda bahagia dan sehat.

Diterjemahkan dari artikel Bharatha Gunathilaka untuk Waidyawaraya.com

Related

Usada 5044604631778849372

Posting Komentar

emo-but-icon

Video

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Quotes

"Niat yang kuat akan mendekatkan ke pencapaian "

Ganesh

GANESH

GANESH
item