Meditasi sepotong wortel

Sadar ketika makan adalah latihan yang menyenangkan. Ini adalah latihan yang mendalam. Setiap sepotong makanan mewakili alam(kosmos). Ketika mengambil sepotong sayuran, perhatikan selama setengah detik. Lihatlah dengan penuh perhatian hingga kita mengenali potongan makanan tersebut, apakah potongan wortel atau kacang. Kita berlatih kesadaran dengan cara sederhana "Ini adalah bagian dari wortel, ini adalah bagian dari kacang". Hanya membutuhkan waktu sepersekian detik untuk menyadarinya.

Ketika kita sadar, kita mengenali apa yang kita ambil.Ketika memasukkannya ke dalam mulut, kita tahu bahwa kita menempatkannya ke dalam mulut kita.Ketika kita mulai mengunyah, kita tahu bahwa sedang mengunyah.Ini sangat sederhana.Sambil melihat sepotong wortel, kita bisa melihat seluruh isi alam(kosmos) di dalamnya. Melihat sinar matahari di dalamnya, melihat bumi di dalamnya, juga melihat hujan. Semua datang dari seluruh alam(kosmos) dalam makanan kita.

Kita mungkin tersenyum ke makanan kita, sebelum memasukkan ke dalam mulut. Ketika kita mengunyah, kita menyadari sedang mengunyah.Jangan memasukkan apapun ke dalam mulut, seperti rasa khawatir, rasa takut. cukup hanya menempatkan wortel ke dalam mulut. Ketika mengunyah, kita mengunyah wortel. bukan permasalahan dan ide-ide kita.

Kita hidup sekarang dan saat ini.Sangat sederhana, tetapi kita perlu beberapa kali latihan untuk hanya menikmati sepotong wortel. Ini adalah sebuah keajaiban.

oleh Thich Nhat Hanh

Related

Inspirasi 4777323659272981670

Posting Komentar

emo-but-icon

Video

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Quotes

"Niat yang kuat akan mendekatkan ke pencapaian "

Ganesh

GANESH

GANESH
item